Powered By Blogger
Aangedryf deur Blogger.

Wikipedia

Soekresultate

Translate for Languange

Totale bladsykyke

NUKLIR

Bagikan ke Teman! :


ENERGI NUKLIR
Pertumbuhan kebutuhan energi masih cukup tinggi seiring dengan kenaikan jumlah penduduk, perubahan pola hidup, tingkat kemakmuran masyarakat dan perubahan pada beberapa aspek kehidupan yang lain. Di lain sisi, penyediaan energi tidak dapat meningkat untuk mengikuti tingkat kebutuhannya. Cadangan energi fosil yang tidak terbarukan tetap tidak bertambah, bahkan menyusut karena ekplorasi yang terus dilakukan, sedangkan pemanfaatan energi terbarukan belum banyak berkembang karena berbagai macam hal yang menjadi kendala.
Pemanasan global yang diyakini sedang terjadi dan akan memasuki tahap yang mengkhawatirkan disebut-sebut juga merupakan dampak penggunaan energi minyak bumi yang merupakan sumber energi utama saat ini. Dampak lingkungan dan semakin berkurangnya sumber energi minyak bumi memaksa kita untuk mencari dan mengembangkan sumber energi baru. Salah satu alternatif sumber energi baru yang potensial datang dari energi nuklir. Meski dampak dan bahaya yang ditimbulkan amat besar, tidak dapat dipungkiri bahwa energi nuklir adalah salah satu alternatif sumber energi yang layak diperhitungkan.
Isu energi nuklir yang berkembang saat ini memang berkisar tentang penggunaan energi nuklir dalam bentuk bom nuklir dan bayangan buruk tentang musibah hancurnya reaktor nuklir di Chernobyl. Isu-isu ini telah membentuk bayangan buruk dan menakutkan tentang nuklir dan pengembangannya. Padahal, pemanfaatan yang bijaksana, bertanggung jawab, dan terkendali atas energi nuklir dapat meningkatkan taraf hidup sekaligus memberikan solusi atas masalah kelangkaan energi.
Untuk itu diversifikasi energi nasional dengan penggunaan energy mix yang optimal perlu segera direalisasikan sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundangan di bidang energi yang sudah ada saat ini maupun masa mendatang. Energi Nuklir merupakan sumber energi alternatif yang layak untuk dipertimbangkan guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Energi nuklir diperlukan dalam mendukung terwujudnya keamanan pasokan energi nasional jangka panjang (longterm energy security of supply).
Secara umum, energi nuklir dapat dihasilkan melalui dua macam mekanisme, yaitu pembelahan inti atau reaksi fisi dan penggabungan beberapa inti melalui reaksi fusi.
Para Fisikawan menemukan fenomena baru dari ‘fisi nuklir’, yang dimanfaatkan untuk menciptakan energi nuklir sebagai alternatif sumber daya.
Ketika neutron dileburkan ke radioaktif terfissi seperti Uranium-235, kemudian diserap dan elemen stabil baru dibuat, yang kemudian terurai menjadi dua inti yang stabil, bersama dengan pelepasan energi yang luar biasa. Ini adalah reaksi fisi nuklir. Energi yang berasal dari reaktor nuklir diperoleh dengan jutaan reaksi fisi seperti yang terjadi dalam tumpukan Uranium-235, yang dileburkan dengan neutron dalam inti reaktor nuklir.
Energi Nuklir adalah Energi yang paling ditakutkan. Yang di takutkan dari Energi Nuklir adalah bahayanya bagi keselamatan dan kesehatan hidup manusia. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dan kelebihan Energi Nuklir sebagai sumber Energi
Kelebihan : Bahan bakarnya tidak mahal, Mudah untuk dipindahkan (dengan
sistem keamanan yang ketat), Energinya sangat tinggi, dan Tidak mempunyai efek
rumah kaca dan hujan asam
Kelemahan: Butuh biaya yang besar untuk sistem penyimpanannya
disebabkan dari bahaya radiasi energi nuklir itu sendiri, Masalah kepemilikan
energi nuklir disebabkan karena bahayanya
massal dan Produk buangannya yang sangat radioaktif
nuklir sebagai senjata pemusnah
Dampak yang terjadi pada japang diakibatkan oleh reaktor nuklir, sehinnga menyebabkan gempa. Edano mengatakan risiko ledakan kedua telah meningkat oleh hidrogen membangun-up di reaktor 3 ketika tingkat air pendingin gagal berfungsi.  Meski demikian, Operator pembangkit nuklir telah memompa air laut ke dalam reaktor untuk mengurangi panas.
Edano mengatakan bahwa dalam ledakan reaktor 1, terdapat bagian dari reaktor menjadi rusak, tetapi dia yakin bahwa reaktor itu akan bertahan an tidak akan menjadi krisis nuklir.  “Situasi tidak akan mempengaruhi kesehatan manusia, tapi kami membuat pengumuman ini karena kita tidak dapat mengesampingkan kemungkinan sebuah insiden ledakan,” kata Edano.
Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan sekitar 200.000 orang sejauh ini telah dievakuasi dari daerah sekitar dua pembangkit Fukushima tempat di mana terdapat total 10 reaktor. Badan keselamatan nuklir Jepang menyatakan insiden ini berada di empat, pada skala internasional nol sampai tujuh. Pada Tahun 1979 kecelakaan Reaktor nuklir di Three Mile Island, di Amerika Serikat mencapai peringkat lima, sedangkan bencana Chernobyl 1986 mencapai level tujuh.
Industri nuklir menyediakan sekitar 30 persen dari kebutuhan listrik Jepang. Secara keseluruhan, 11 dari sekitar 50 reaktor nuklir di Jepang, yang terletak di wilayah yang terkena dampak terburuk, ditutup setelah gempa.

0 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Plaas 'n opmerking — or Kembali ke Postingan